Hukum Puasa Ramadhan bagi Muslim

on Rabu, 19 Juni 2013

Hukum Puasa Ramadhan bagi Muslim
Hukum Puasa Ramadhan bagi Muslim. Ramadhan sebentar lagi, dan ada ibadah khusus yang harus dijalankan oleh muslim di seluruh dunia, yaitu puasa ramadhan. Ya puasa selama sebulan tersebut memang sudah menjadi kewajiban yang tidak bisa diindahkan oleh muslim, karena status hukum puasa ramadhan adalah wajib / fardhu ain bagi tiap - tiap muslim yang sudah memenuhi syarat. Untuk lebih jelas mengenai status hukum fiqih tentang puasa ramadhan.

Hukum Puasa Ramadhan bagi Muslim


Puasa pada bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam, Allah Ta’ala berfirman:

QS.Al Baqarah:183

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”(QS.Al Baqarah:183)

QS. Al Baqarah:185

“Maka barangsiapa diantara kamu melihat bulan itu (Ramadhan), hendaklah ia berpuasa.” (QS. Al Baqarah:185)

Dari Abu Abdirrahman Abdullah ibnu Umar Ibnul Khaththab radhiallahu ‘anhuma berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda: “Islam dibangun diatas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, menunaikan haji dan puasa pada bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari , Muslim)

Dalam riwayat Muslim:..”puasa pada bulan Ramadhan dan menunaikan haji.”

Kaum Muslimin telah berijma’ (bersepakat) bahwa puasa pada bulan Ramadhan hukumnya adalah wajib dan barangsiapa mengingkarinya maka ia kafir.

Puasa Ramadhan ini diwajibkan pada tahun kedua Hijriyyah, maka Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam berpuasa selama sembilan kali Ramadhan. (Majalis Syarh Ramadhan, karya Syaikh Utsaimin hal 21 dan setelahnya).

Setiap orang Islam yang telah baligh lagi berakal maka wajib atasnya berpuasa pada bulan Ramadhan. (Fushul Fi Ash Shiyam wa At Tarawih wa Az Zakah, Ibnu Utsaimin hal 5). Demikianlah Hukum Puasa Ramadhan bagi Muslim.

Sumber Referensi : http://abuzubair.wordpress.com/2007/09/08/hukum-puasa-ramadhan/


{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar